Sunday, December 18, 2016

APSI - Telkom

Analisis PIECES
Untuk mengembangkan sistem informasi ini diperlukan analisis kelemahan agar bisa memetakan masalah yang ada dan mendapatkan hasil yang maksimal. Ada beberapa metode untuk menganalisis sistem, diantaranya adalah metode analisis PIECES (peformance, information, economic, control, eficiency, dan service). Dalam mengidentifikasi masalah ini harus dilakukan analisis terhadap kinerja, informasi, ekonomi, kontrol, efisiensi dan pelayanan.
VariabelPenjelasan
ThroughputWaktu tanggap dalam penanganan gangguan yang terjadi makin bertambah, hal ini dibuktikan dengan waktu tunggu pelayanan perbaikan yang membutuhkan waktu kurang lebih 5 jam bahkan lebih, belum lagi untuk mencocokkan Rumah Kabel yang terkena gangguan karena masih dilakukan secara manual.
Response timePanjangnya proses penanganan gangguan karena dimulai dari proses pencatatan, kemudian dta di salin ke Microsoft exel, pencarian lokasi Rumah Kabel dan terahir pengiriman petugas untuk menangani gangguan yang terjadi.
Tabel Hasil analisis kinerja
VariabelPenjelasan
AkurasiInformasi data yang telah dicatat belum tentu akurat karena masih menggunakan sistem manual. Misalnya terjadi kesalahan dalam penulisan Nomor Tiket ataupun alamat karena laporan dilakukan dengan telepon.
RelevanInformasi yang dihasilkan belum cukup relevan, karena belum bisa menampilkan lokasi gangguan untuk penanganan selanjutnya.
Ketepatan WaktuInformasi yang diterima belum bisa dihasilkan tepat pada waktunya (lambat), tidak dapat langsung mengetahui dimana letak Rumah Kabelnya.
Tabel Hasil analisis informasi
VariabelPenjelasan
Biaya dan ManfaatDengan sistem yang terkomputerisasi nantinya dapat mengurangi beban biaya diantaranya meminimalkan penggunaan kertas, tempat penyimpanan data, tenaga petugas yang dibutuhkan lebih sedikit karena sebagian besar pekerjaan sudah diselesaikan oleh sistem. 
Tabel Hasil analisis ekonomi
VariabelPenjelasan
Keamanan dataData laporan gangguan speedy atau telepon dari pelanggan yang dimiliki dalam bentuk dokumentasi kertas dirasa kurang aman karena kemungkinan seperti kerusakan kertas, hilangnya kertas dan lain – lain.
Tabel Hasil analisis control
VariabelPenjelasan
Sumber dayaAgar informasi laporan gangguan speedy atau telepon dapat disinkronisasi denga cepat, diperlukan banyak sumber daya untuk menentukan dimana letak Rumah Kabel pelanggan yang terkena gangguan karena harus mencari letak rumah kabel secara manual.
WaktuWaktu dalam proses penanganan gangguan speedy atau telepon dirasa kurang efisien, karena masih menggunakan sistem manual dalam proses pencatatan dan penanganan tersebut.
Tabel Hasil analisis efisiensi
VariabelPenjelasan
PelayananPelayanan saat ini dirasakan kurang oleh pelanggan. Karena semua pekerjaan dilakukan secara manual memakan waktu yang cukup lama, sehingga terjadi antrian pengaduan gangguan dalam proses penanganan gangguan speedy atau telepon.
Tabel Hasil analisis pelayanan




Use Case Diagram






Flow Diagram



Diagram Konteks



Screenshot System (Teknisi): 
Proses Login Aplikasi

List Work Order

Keterangan ID pada ticket


Informasi pada ticket


Detail ticket


Ukur Jaringan



Update Tindakan



Implementasi Prototype :  http://tukang.party/APSI

No comments:

Post a Comment